Biaya Service Mobil Makin Besar? Begini Cara Jitu Menghematnya

Ketika biaya perbaikan mobil dirasa mulai membengkak, banyak orang yang memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Bahkan tidak jarang mobil bekas dijual murah agar cepat laku sehingga Anda bisa segera membeli mobil lain.



Memang, biaya yang diperlukan saat Anda memiliki mobil tidak hanya seputar biaya operasional saja. Ada pula biaya service atau biaya perawatan yang perlu disisihkan setiap bulannya, semata agar mobil selalu dalam kondisi prima. Banyaknya komponen yang harus dicek secara berkala tentunya membutuhkan biaya service yang tidak sedikit.

Namun, langsung menjual mobil ketika biaya yang dibutuhkan mulai membengkak bukan penyelesaian yang tepat. Sebab kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa hal berikut ini:


  1. Lakukan Perawatan Mobil Secara Berkala

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa service secara berkala justru menghabiskan banyak biaya. Padahal, anggapan ini belum tentu benar. Sebab service berkala bisa membantu Anda untuk mengetahui kondisi mobil. Jika ditemukan kerusakan pada komponennya, mobil bisa segera ditangani sebelum lebih parah dan membutuhkan biaya lebih banyak.

 

Service berkala dapat dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil. Di antaranya adalah service dari 1.000 km hingga 100.000 km dan setiap kelipatan 10.000 km. Usahakan untuk melakukan service secara tepat waktu.

 

  1. Lakukan Service di Bengkel Resmi

Salah memilih bengkel ternyata bisa jadi penyebab mahalnya biaya service. Supaya biaya service tidak membengkak, upayakan untuk melakukan perawatan di bengkel resmi ataupun bengkel terpercaya. Bengkel resmi biasanya memiliki stok suku cadang, sehingga Anda tak perlu repot-repot mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, service di bengkel resmi ditangani langsung oleh ahlinya, sehingga meminimalkan kekeliruan dalam perawatan yang bisa menyebabkan masalah baru.

 

  1. Manfaatkan Promo Service

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan promo service untuk menghemat biaya perawatan mobil. Promo service umumnya diberikan oleh dealer tertentu. Anda bisa mencari informasi dealer yang sesuai dengan tipe mobil Anda. Agar tidak ketinggalan info promo, Anda bisa memanfaatkan sosial media. Mulai dari me-follow akun instagram, website, hingga mengunduh aplikasi jika memang ada. Dari promo service semacam ini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Komponen yang Butuh Perawatan Berkala

Selain rutin melakukan service, Anda pun perlu mengetahui komponen apa saja yang harus mendapatkan perawatan secara berkala. Seperti dilansir dari otomotif.kompas.com, salah satu komponen yang membutuhkan perawatan adalah busi mobil.

Busi mobil perlu diganti agar performanya tetap mentereng. Setidaknya, ganti busi untuk reguler setiap 20.000 km sampai 30.000 km, atau sekitar satu tahun. Selain busi, oli transmisi juga membutuhkan perawatan secara berkala. Sama seperti busi, penggantian oli transmisi juga lebih ditekankan pada jarak dan waktu tempuh mobil tersebut.


Nah, itulah cara menghemat biaya service mobil dan dua komponen yang membutuhkan perawatan secara berkala. Sebaiknya cek kondisi mobil Anda dengan rutin agar kondisi tetap prima.

No comments

Powered by Blogger.