Mengenal Tentang Asuransi Unit Link

Apa itu asuransi jenis investasi unit link? Sebelum mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda sebaiknya mengetahui tentang apa itu asuransi terlebih dahulu. Asuransi merupakan perjanjian antara penanggung dengan tertanggung yang mengharuskan tertanggung untuk membayar premi, yang mana nantinya pihak penanggung akan memberi ganti rugi atas kerugian, kerusakan, kehilangan keuntungan hingga kematian yang mungkin dapat terjadi karena suatu peristiwa yang tidak terduga. Dalam garis besarnya, asuransi adalah bentuk perlindungan pada diri, keluarga, serta harta benda jika terjadi suatu bencana atau musibah. Asuransi sendiri mempunyai peran yang penting, misalnya menanggung biaya berobat yang mahal, biaya perbaikan kendaraan jika tertabrak atau kecelakaan. dan masih banyak lainnya.

 


Kembali lagi ke pertanyaan awal mengenai apa yang dimaksud unit link. Asuransi unit link adalah jenis asuransi yang mengombinasikan antara dua produk keuangan yaitu produk investasi dan asuransi. (source: car.co.id)

 

Pada asuransi jenis ini, uang premi yang dibayar tertanggung sebagiannya dipakai untuk membayar perlindungan atau proteksi, lalu sebagian yang lain akan ditempatkan pada reksa dana di dalam bentuk unit link (source: cekaja.com)

 

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan asuransi unit link ini, di antaranya:

 

·         Keuntungan asuransi unit link

 

  1. Dana premi tetap dapat dicairkan bahkan jika tidak ada klaim kecelakaan ataupun kematian.
  2. Pada asuransi unit link, proteksi asuransi jiwa berlaku untuk seumur hidup bahkan dapat mencapai 100 tahun. Tapi, hal itu berdasarkan kebijakan perusahaan asuransi yang dipakai. 
  3. Anda membayar premi asuransi, bonusnya investasi.
  4. Asuransi ini umumnya dilengkapi dengan asuransi tambahan atau rider, misalnya cacat total, tanggungan kecelakaan dan lain sebagainya sehingga manfaat yang didapatkan menyeluruh dan lengkap. 

 

·         Kekurangan asuransi unit link

 

  1. Dana premi yang pastinya lebih mahal serta dana tanggungan perlindungan atau proteksi lebih kecil dibandingkan dengan asuransi murni.
  2. Manfaat dari investasi menjadi kurang maksimal. Hal itu karena fokus yang terpecah dengan manfaat untuk perlindungan atau proteksi.
  3. Manfaat investasi yang tidak bisa langsung Amda nikmati.
  4. Adanya biaya (akuisisi) yang masih dibebankan pada Anda.
  5. Tidak adanya jaminan untung. Layaknya investasi yang lain, ada selalu kemungkinan untuk merugi.

 

Selain keuntungan dan kekurangan, di dalam asuransi jenis ini tidak hanya ada layanan proteksi jiwa melainkan ada juga pilihan investasi dengan potensi untuk imbal hasil bervariasi misalnya obligasi, saham, pasar uang dan campuran. Untuk investasinya, risiko nantinya akan ditanggung pemilik polis.

 

Tapi, Anda tidak perlu takut karena asuransi unit link memberi berbagai fleksibilitas untuk para nasabah. Dikarenakan ketika Anda mempunyai polis unit link, Anda diizinkan menambah dana untuk investasi dalam polis. Tidak hanya itu, Anda juga diberikan kekuasaan menarik dana dan mengalihkan dana yang fleksibel. 

 

Nah, demikian sedikit pembahasan mengenai asuransi unit link


No comments

Powered by Blogger.